GLOBAL
POTENSI PENJUALAN FA-50 DI INDONESIA, MALAYSIA, FILIPINA, ARGENTINA DAN BOTSWANA
23 OKTOBER 2019 DIANEKO_LC 1 KOMENTAR
Korea Aerospace Industries (KAI) terus berusaha menjual FA-50 di pasar jet latih/ serang ringan setelah mengalami kerugian dalam kompetisi T-X Amerika Serikat.
Sang Choi adalah wakil presiden eksekutif dan manajer umum divisi bisnis KAI. Dia adalah seorang veteran dalam penjualan luar negeri perusahaan untuk jet latih T-50 dan varian serang ringan FA-50. Dalam gelaran Seoul ADEX baru-baru ini, dia menyempatkan diri berbicara dengan
FlightGlobal (22/ 10/ 2019).
Potensi Penjualan FA-50 di Indonesia dan Filipina
Meskipun T-50 dan FA-50 telah diadopsi secara luas oleh Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF), dan telah memenangkan penjualan di Filipina, Indonesia, Thailand, serta Irak, ambisi utama program ini adalah kompetisi TX Angkatan Udara AS untuk mengganti Northrop T-38.
Lockheed adalah pemeran utama dalam kontrak, dimana varian yang ditunjuk yaitu T-50A, tetapi akhirnya kesepakatan itu pergi ke tim Boeing/ Saab pada bulan September 2018.
“Saya tidak bisa mengatakan [kehilangan T-X] tidak memiliki dampak, tetapi bisnis selalu naik turun,” kata Choi.
“Kehilangan T-X hanyalah satu dari banyak program. Tugas saya adalah mendorong orang-orang saya untuk terus maju dan kami fokus pada FA-50. Kami sedang berbicara dengan Indonesia, Filipina, Argentina dan Botswana. “
Indonesia dan Filipina akan mewakili pembelian lanjutan. Jakarta mengoperasikan 15 T-50I dalam peran latih – Indonesia memiliki 16, tetapi satu jatuh pada tahun 2015. Choi mengatakan jumlahnya tidak jelas, tetapi FA-50 berpotensi menggantikan 15 unit F-5 E/F Tiger Jakarta.
Dengan Filipina, KAI berpotensi untuk menghasilan kesepakatan 12 unit FA-50, menambah 12 contoh yang ada, tetapi Manila menginginkan beberapa pembaruan sebelum membuat keputusan. Ini termasuk integrasi dari Lockheed Martin Sniper Advanced Targeting Pod, kemampuan bom berpemandu laser, dan kemampuan untuk membawa tangki bahan bakar 300 galon di sayap, menggandakan kapasitas tangki yang ada.
Integrasi pod sniper kemungkinan dilaksanakan pada akhir tahun 2020, kata Choi.
FA-50 RoKAF (Greg Waldron)
Potensi Penjualan FA-50 di Argentina
Choi juga yakin akan prospek FA-50 di Argentina, terkait akuisisi delapan pesawat.
“Pemerintah Argentina telah membuat keputusan untuk membeli delapan FA-50, dan kami telah melakukan beberapa diskusi serius dengan mereka untuk menyelesaikan konfigurasi, harga, dan syarat dan ketentuan,” kata Choi. “Partisipasi industri sangat penting, jadi kami telah berbicara dengan mereka.”
KAI perlu menyediakan pembiayaan untuk kesepakatan dengan Argentina, dan telah bekerja sama dengan perbankan Ekspor-Impor Korea Selatan dalam masalah ini. Penjualan itu, bagaimanapun, menunggu kesimpulan dari pemilihan umum negara itu pada tanggal 27 Oktober.
Potensi Penjualan FA-50 di Botswana
Kesepakatan Botswana juga menunggu hasil pemilihan umum pada 23 Oktober, dengan potensi penjualan 12 unit pesawat. Saab juga telah menyatakan minatnya dalam kesepakatan ini dengan Gripen C / D.
“Mereka telah mencari beberapa alternatif seperti [Gripen] tapi saya yakin mereka akan kembali ke FA-50. Kami akan melibatkan kembali Botswana kapan saja, tepat setelah pemilihan. “
Choi menambahkan bahwa Irak, yang telah menerima 22 unit T-50IQ dari total 24, belum menyatakan tertarik pada contoh tambahan. “Mereka mencoba mengatur kemampuan angkatan udara mereka sendiri. Sementara itu, kami fokus pada dukungan aftermarket.
FA-50 with additional pod and AMRAAM (Edward)
Pelanggan Potensial Lain
Choi menambahkan bahwa ada pelanggan potensial lain yang melihat FA-50. “Agak terlalu dini untuk mengekspos nama mereka,” katanya.
Pembaruan jangka panjang lainnya yang direncanakan untuk FA-50 termasuk penambahan
beyond visual range missile, meskipun Choi tidak menentukan senjata, serta potensi penambahan kemampuan pengisian bahan bakar udara-ke-udara pada tahun 2025.
Mengenai apakah FA-50 akan menerima radar
active electronically scanned array (AESA), Choi mengatakan ini sangat tergantung pada permintaan pelanggan. RoKAF tidak memerlukan peningkatan ini.
“Itu bukan keputusan yang sederhana,” katanya. “Kita perlu tahu berapa banyak pelanggan di masa depan yang mencari AESA… beberapa pelanggan mencari AESA, tetapi ada juga yang tidak. Juga mungkin ada masalah lisensi ekspor. Ini keputusan yang rumit. Jika pasar memanggil, maka kami akan melakukannya. “
The RoKAF’s Black Eagle display team operates the T-50B (Greg Waldron)
Potensi Penjualan FA-50 di Malaysia
Kesepakatan potensial lainnya adalah kompetisi Light Combat Aircraft Malaysia, yang membutuhkan 12 unit jet latih dan 24 unit jet serang ringan. Persyaratan ini telah menarik beraneka ragam pesaing, termasuk Chengdu/ Pakistan Aeronautical Complex JF-17 dan Hindustan Aeronautics Tejas Light Combat Aircraft.
Choi menambahkan bahwa KAI dan sektor pertahanan Korea Selatan mendapat dukungan dari Seoul karena berfungsi untuk menjual pesawat terbang ke luar negeri.
“Pemerintah memberi banyak perhatian pada industri dirgantara dan berusaha mendukungnya,” katanya.
“Setiap kali pejabat pemerintah berbicara dengan teman-teman internasional, mereka berbicara tentang peralatan dan sistem senjata Korea. Dengan dukungan mereka, saya yakin semuanya akan berjalan baik, ” pungkasnya.
Photo: FA-50 Demo Flight Photo By ROKAF
Editor: (D.E.S)
I think its a no for us tho cause we're getting su 35 (or F15/35 for alternative?) For F-5 replacer and F16V for MRF and F16V have the biggest probability to fill our new sq MRF need