What's new

Indonesia Defence Forum

Tactical Forces by Paskhas
FB_IMG_1598339313063.jpg

I hope that they go through with getting Paveway II's after this. I heard some talk here and there about bunker-busting capability so who knows.

Though I hope to all hell that they would finally consider stand-off capability with the JSOW.

anyone have the details of TNI AL's ships requirements?
or just links would be enough
I tried to search but only came up with vague descriptions like "we need 220 ships" :what:

TNI AL Luncurkan 2 Kapal Perang Patroli Produksi Dalam Negeri
Selasa, 25 Agustus 2020 | 11:45 WIB
Komentar

Komentar Lihat Foto
Dokumen Puspen Mabes TNI
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono meresmikan peluncuran dua kapal perang jenis Patroli Cepat (PC-40 M), Karotang-872 dan Mata Bongsang-873 guna di galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Senin (24/8/2020).
Penulis: Achmad Nasrudin Yahya | Editor: Diamanty Meiliana
JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut (AL) meluncurkan dua kapal perang jenis Patroli Cepat (PC-40 M), yaitu Karotang-872 dan Mata Bongsang-873, guna memperkuat keamanan wilayah maritim Indonesia.

Peluncuran dua kapal perang tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono, di galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Senin (24/8/2020).

Yudo menuturkan, peluncuran dua kapal perang tersebut diperuntukkan membangun kekuatan keamanan di wilayah perairan.

"Indonesia sebagai negara maritim, kepulauan terbesar di dunia, sudah seharusnya memperkuat kemampuan dalam mengamankan wilayah perairan yang sangat luas," ujar Yudo dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Baca juga: HUT Ke-75 RI, Megawati Cerita Pengalaman Tinggal 2 Minggu di Kapal Perang

Yudo menjelaskan, penguatan tersebut juga supaya dapat memberikan jaminan keamanan dan keselamatan pelayaran di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia.

Di mana hal itu juga merupakan bentuk tanggung jawab Indonesia sebagai negara kepulauan.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara maritim memiliki konsekuensi perlunya penambahan kapal-kapal patroli secara bertahap hingga memenuhi jumlah yang dibutuhkan.

Yudo mengatakan, pembangunan kapal patroli tersebut merupakan bagian integral dari pembanguan kekuatan TNI AL sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ada.

"Realisasi pembangunan kemampuan dari pemenuhan kapal patroli ini harus pula ditunjang dengan peningkatan kemampuan dan profesionalitas prajurit pengawaknya sebagai perwujudan dari TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh," kata KSAL.

Baca juga: Polemik di Natuna, TNI Enggan Terprovokasi Kapal Patroli China

Adapun kapal PC-40 M memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, dan bobot 220 ton.

Home News Nasional
TNI AL Luncurkan 2 Kapal Perang Patroli Produksi Dalam Negeri
Selasa, 25 Agustus 2020 | 11:45 WIB

Komentar (4)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono meresmikan peluncuran dua kapal perang jenis Patroli Cepat (PC-40 M), Karotang-872 dan Mata Bongsang-873 guna di galangan PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Senin (24/8/2020).
Lihat Foto

Penulis: Achmad Nasrudin Yahya | Editor: Diamanty Meiliana
Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot, dan kecepatan ekonomis 15 knot, serta memiliki ketahanan (endurance) berlayar selama enam hari.

Kapal perang ini juga dilengkapi dengan dua unit radar dan senjata meriam 30 mm dan akan diawaki 35 prajurit.

Alutsista TNI Angkatan Laut ini merupakan kapal perang produksi dalam negeri yang diproduksi PT Karimun Anugrah Sejati.

They will be for our own use some for spares
Somebody from DefenceTalk speculated that it could be a more "economical" plan by the AU to get 11 combat ready squadrons.

You can have 3 squadrons of brand new fighters (Whether F-16V's, Eurofighters, or Rafales) along with 3 squadrons of used F-16's either upgraded to the Block 52ID or the V standard on top of the 2 squadrons of F-16 that we already have.

So in the end you would have 5 squadrons of F-16's, 3 squadrons of whatever they pick to replace the F-5, as well as either 1 or 2 LIFT/Light Attack squadrons of T-50/FA-50's, 1 squadron of Super Tucano COIN aircraft, and 1 Squadron of Flankers.

I'd rather have them just buy all new V's but at this point unless they SUBSTANTIALLY increase the budget for the Air Force for the next couple of years we can't get picky.

Somebody from DefenceTalk speculated that it could be a more "economical" plan by the AU to get 11 combat ready squadrons.

You can have 3 squadrons of brand new fighters (Whether F-16V's, Eurofighters, or Rafales) along with 3 squadrons of used F-16's either upgraded to the Block 52ID or the V standard on top of the 2 squadrons of F-16 that we already have.

So in the end you would have 5 squadrons of F-16's, 3 squadrons of whatever they pick to replace the F-5, as well as either 1 or 2 LIFT/Light Attack squadrons of T-50/FA-50's, 1 squadron of Super Tucano COIN aircraft, and 1 Squadron of Flankers.

I'd rather have them just buy all new V's but at this point unless they SUBSTANTIALLY increase the budget for the Air Force for the next couple of years we can't get picky.
I'd prefer US EDA F-16s especially those Block 25 & 32 in 309th Maintenance Service instead of Ex RNoAF F-16s, they are too worn out and most are old airframes ( they were delievered between late 70s to mid 80s ), as rumour says we are keen to get 24 brand new F-16 Block 72 V ( not 32 like medias said ) & US will grant us another EDA on their boneyard F-16s, provided the contract on 24 brand new units made official & inked in DSCA

They got 44 F16A and 9 F16B and already got in hand 15 F35, and they had secured funded for 40 units and waiting for delivery. This will Made their F 16 actually available soon

I'd prefer US EDA F-16s especially those Block 25 & 32 in 309th Maintenance Service instead of Ex RNoAF F-16s, they are too worn out and most are old airframes ( they were delievered between late 70s to mid 80s ), as rumour says we are keen to get 24 brand new F-16 Block 72 V ( not 32 like medias said ) & US will grant us another EDA on their boneyard F-16s, provided the contract on 24 brand new units made official & inked in DSCA
Oh don't get me wrong, I would much rather they get new Vipers on top of EDA F-16's upgraded to the V standard. At the very least they would have substantially lower hours.

Back
Top Bottom