What's new

Indonesia Defence Forum

NEW Yogyakarta international airport Phase I - Finishing stage

91067323_1939818466143397_4789574089129852928_o.jpg


90721924_1939818432810067_5698851243019993088_o.jpg


91043914_1939818536143390_8742365210423066624_o.jpg


91176686_1939818576143386_2311812893496049664_o.jpg
 
Keep in mind, Chinese doctrine is to saturate an area with missiles before sending in ground troops. A large percentage of their funding goes into missile development.
Beg to differ, it is the navy that received most part of the funding these days.
 
Take a note, we don't know does this "source" is credible or not. But i guess this is worth to share with.

Menunggu Kontrak Fregat Iver Huitfeldft Berlaku Efektif

26 Maret 2020



Fregat Iver Huitfeldt dari Denmark (photo : RFA Nostalgia)
Industri pertahanan Indonesia yang sebelumnya berada di bawah naungan Badan Pengelola Industri Stategis (BPIS) dengan dijabat langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi semula mengelola 10 perusahaan terkait, namun saat ini pengelolaannya diserahkan di bawah Kementerian Pertahanan dan membawahi 5 perusahaan saja yaitu : Pindad, PAL, Dirgantara Indonesia, LEN dan Dahana. Dalam operasionalnya di Kementerian Pertahanan, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) membawahinya secara langsung.
Dalam wawancara dengan Detik.com dengan tema "Blak-blakan Wamenhan: 3 Industri Pertahanan Unggulan" pada 13 Maret 2020 lalu khusus untuk PT PAL Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono mengatakan bahwa :
- memberi order 2 fregat baru kepada PT PAL yang kontraktualnya masih dalam proses,
- nilai pekerjaan adalah USD 720 juta (sekitar Rp 11 trilyun),
- 100% dikerjakan di PT PAL dengan skema Transfer of Technology dari Denmark,
- waktu pelaksanaan 5,5 tahun (66 bulan),
Pasti timbul pertanyaan dari para pembaca, obyek sudah ada, nilai sudah ada, waktu pelaksanaan sudah ada, lalu apanya yang belum selesai ?

10 fregat terbaik dunia saat ini (image : Military Infographic)
Fregat Iver Huitfeldt dari Denmark saat ini masuk dalam daftar 10 fregat terbaik dunia. Denmark masuk sebagai anggota NATO dan fregat ini menggunakan standar NATO.

Jika Indonesia mengoperasikan kapal ini maka di kawasan ASEAN-Oceania kapal perang dengan panjang 138,7 meter dan bobot penuh 6.645 ton ini akan menjadi kapal perang permukaan terbesar kedua setelah destroyer Hobart class dari Australia yang mempunyai panjang 147,2 meter dan bobot penuh 7.700 ton.
Harga fregat Iver Huitfeldt saat dibangun oleh Odense Shipyards tahun 2010 untuk AL Denmark nilainya adalah USD 325 juta per kapal tanpa persenjataan atau secara fitted for but not with (FFBNW) dengan menggunakan platform desain dari kapal Absalon class support ship.

Melihat harga kontrak fregat Iver class untuk TNI AL (USD 360 juta per kapal) maka dapat diduga bahwa sistem pembeliannya sama yaitu memakai skema FFBNW, dimana senjata merupakan kontrak tersendiri dan terpisah. Hal ini juga tidak berbeda jauh dengan Martadinata class (USD 220 juta per kapal tahun 2012) dengan sistem FFBNW.


Perbandingan spesifikasi teknis fregat Martadinata class dan Iver Huitfeldt class, sensor and weapons masih belum selesai (infographic : Defense Studies)

Menurut sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan namun tidak mau disebut namanya, kontrak Iver Huitfeldt saat ini telah selesai namun lampirannya yang berupa spek teknis khusus untuk sensor and weapons belum selesai sehingga belum dapat dilakukan seremonial. Adapun kontrak ini akan berlaku efektif apabila telah dilakukan pembayaran down payment sebesar + 15% yang diberikan tenggat waktu selama 130 hari.

Mengenai sensor and weapons ini harus disadari bahwa tidak semua persenjataan asli Iver Huitfeldt dapat dibeli oleh Indonesia, karena kapal itu adalah fregat NATO dan Indonesia bukan anggota NATO dan bukan juga sekutu AS namun Indonesia termasuk negara non-blok. Dari persenjataan dan sensor nanti juga akan terlihat apakah kapal ini akan dioperasikan oleh TNI AL sebagai fregat kelas berat yang dapat beroperasi di samudera (ocean going frigates) ataukah sebagai kapal destroyer, perbedaan umumnya adalah pada penggunaan rudal jelajah serang darat.

http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/menunggu-kontrak-fregat-iver-huitfeldft.html?m=1
 
Your Naval fleets got many land attack cruise missile recently
Missiles are pretty much peanut compared with the cost of a modern warship.
Navy>Airforce>Army≈Rocket force
 
So atmospheric thermal gradient, sun UV + IR heating, ambient pressure, wind pattern, and jet stream be dammed heh? just spray away from the sky and hopping the germs even reach the surface? Well as long your willing to accept the gross suspension of disbelief

Never underestimate all posibilities, most of Indonesian a month ago say indonesia kebal Corona, Corona can't reach Indonesia, the virus dead on tropical climate or exposed by sunheat, kita sudah kecolongan dengan virus ini, 2 menko sudah meremehkan keberadaan virus ini diawal2 penyebaran, our economy goes down, people sick and die, some of them panics and stressed, hope we learn from this outbreak preventive action harusnya sudah dipertimbangkan sejak awal.
 
It sound silly but its not imposible, with that massive outbreak in China our intellegent should gave the decision maker what kind of measured action we should do, better to prepare than sorry...
So yes we should upgrade our capability on bio warfare
At least 1st step is fielding gas mask for our troop, maybe first kostrad troop (they always better equipped), if we cant produce in our country likely sokor or turk produce their own gas mask

Abt bio warfare i always ask what tni do since this virus just came in wuhan in early january
Never underestimate all posibilities, most of Indonesian a month ago say indonesia kebal Corona, Corona can't reach Indonesia, the virus dead on tropical climate or exposed by sunheat, kita sudah kecolongan dengan virus ini, 2 menko sudah meremehkan keberadaan virus ini diawal2 penyebaran, our economy goes down, people sick and die, some of them panics and stressed, hope we learn from this outbreak preventive action harusnya sudah dipertimbangkan sejak awal.
More possible virus not spread from aircraft spaying bio material. It is not likely like what trista amartha said virus maybe mati kenak matahari spreading virus harus ada inangnya gitu lho (jd inget biologi sma, tpi dh lupa hehehe :D ) If aircraft spraying chem gas like vx or sarin it is possible.

Are tni ready cbrn warfare????
 
I guess TNI ready for crbn war but limited, afaik we only have kompi level unit for cbrn war, cmiiw
 
Months after returning home, Dutchman learns he had COVID-19 in Indonesia

Joey Schouten, 21, a Dutch traveler came to Indonesia in January after spending a couple of days in Singapore.

He flew from the city-state to his next destination, East Java, where he suddenly fell ill after a few days.


And two months later, when he was already at home, he received a text message from his doctor in Indonesia, informing him that he had tested positive for COVID-19.

“Out of nowhere, I got 41 degrees fever, and I passed out for the first time in my life,” Schouten told the Eindhovens Dagblad– a local newspaper in Eindhoven, the Netherlands -- on March 20, recalling his visit.

The resident of Helmond in the Eindhoven metropolitan region said he had no idea what had been wrong with him until he got the message from his doctor on March 19, informing him of the positive result of the medical test he had taken at a hospital in East Java – months after the incident.

Schouten said he was baffled when he received the text, adding that the East Java medical workers had to take six blood samples and yet, at the time, had no idea about the cause of his sickness.

In January, Indonesia was oblivious to the coronavirus, as most people in the country thought the Chinese city of Wuhan, the epicenter of the disease at the time, was far enough away, the paper reported.

“I have now experienced how easily you can get [the coronavirus] and that it can make everyone very sick, young people like me, too,” he told the daily.

The 21-year-old visited Singapore in early January, where he walked through Chinatown. Many Chinese tourists made purchases for the Chinese New Year. People in the country did not feel the need to wear face masks at the time, because the Singaporean authorities only warned about "a mysterious lung disease from China" a week later, Schouten said in the report.

When he was feeling ill during his visit to East Java, some Indonesian bystanders took him to a hospital, where he spent nine days on IVs and ultrasound machines.

"Doctors thought I had a bad flu and gave me all kinds of medicine," he recalled, counting it one of his few vivid moments.

As he was in and out of conscience due to the sickness, the Dutch said the nine-day stay felt like a three-day treatment. "That's how much I slept at the time, because I was completely exhausted."

Two months later, a screenshot of a text message from a person named Dhea Daritsh, who claimed to be a staff member of the Aisyiyah Islamic Hospital in Malang, East Java, circulated on the internet – and was also published by the Eindhovens Dagblad in the report.

However, the hospital issued a statement last week, saying the information was false. “There was no patient named Joey Schouten that was hospitalized in our hospital. Such information is irresponsible,” said the hospital management on its Instagram account. The hospital also denied information regarding the staffer, let alone a doctor named Dhea Daritsh who claimed to be working at the hospital.

On Feb. 3, Schouten posted a photo on his Instagram account showing himself lying on a hospital bed, geotagged to Saiful Anwar General Hospital (RSSA) – in Malang, East Java.

The hospital has confirmed that it treated Schouten.

“We can inform you that a patient named Joey Schouten was registered as a patient at the RSSA on Jan. 23. After receiving treatment, the patient was permitted to go home on Jan. 25,” the hospital’s public relations department told The Jakarta Post in a text message on Thursday, without elaborating on the cause of Schouten’s hospitalization.

As of Thursday, data from Johns Hopkins University showed that Indonesia had 893 confirmed cases, resulting in 78 deaths. Meanwhile, the Netherlands had reported 6,412 cases and 356 deaths.

More than 170 countries have reported cases of COVID-19, which has killed more than 21,300 people in the world. More than 115,000 people have recovered globally.

https://www.thejakartapost.com/amp/...hman-learns-he-had-covid-19-in-indonesia.html

The coronavirus already reach Indonesia as early as January, but we still don't know much about the virus. Because of the cover up and sh*t being down played there is lack of information regarding the virus and thus our government can't make the best decision and failed to prevent the virus from spreading, the corona virus spreads in stealth mode undetected globally.
Not only there is limited info even fake and false info being created making the global capability to fight the virus inept, all for the sake of reputation. And when suddenly there is high number of infected people in Iran, Italy etc everyone go 'surprised pikachu face.png', conspiracy theory, information warfare and propaganda warfare getting more wild and getting out of hand and doesn't help at all to fight the coronavirus. SAD.

Also
Shame on you WHO!
#WHO #Gabut

I am worry those guys also got infected, while actually just trying to be nice and help people in need, I hope they are ok.
 
Our govt should Make decisive action to stop much larger spreading by set partial quarantine in Jabodetabek, only sembako, goods, materials and peoples with special license can go in or out Jabodetabek
 
Our govt should Make decisive action to stop much larger spreading by set partial quarantine in Jabodetabek, only sembako, goods, materials and peoples with special license can go in or out Jabodetabek

Too close? Singapore's new virus-fighting rules could lead to prison


SINGAPORE (Reuters) - Anyone caught breaking Singapore’s social distancing rules can land themselves in prison from Friday after the city-state made it an offence for a person to intentionally stand close to another person as part of its coronavirus defense.
https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-singapore-law/too-close-singapores-new-virus-fighting-rules-could-lead-to-prison-idUSKBN21E04K?feedType=RSS&feedName=worldNews&utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+Reuters/worldNews+(Reuters+World+News)

SG goes all out in war against the corona virus, its easier for them because they only need to manage small island, for us it will be a challenging task, but I agree for more hard and strong strategy to be implemented.
Logistics, sembako, medical supplies, fuel, gas etc supply should be guaranteed, I think one of the reason why our govt still reluctant to impose lock down on larger scale is the possibility of chaos or even lost of life because of the lock down it self, lets hope they have a good plan and we just need to support it.
Slowing down the spreads is a big win, completely annihilating the virus within our border? That's extraordinary achievement that's almost impossible to achieve.
 
F-35A_usaf_2-e1558811198753.jpg

Chakra, Proyek Akuisisi Jet Siluman F-35 oleh Indonesia
CategoryAir ForcePosted onAgustus 24, 2019AuthorRahakundini Bakrie15 Comments

AIRSPACE-REVIEW.com – Visi Poros Maritim Dunia Presiden Joko Widodo adalah sebuah doktrin baru bagi pertahanan Indonesia di mana kita harus memiliki Superioritas Udara (Air Superiority) sebagai Maritime Iron Umbrella lautan kita, Blue Water Navy untuk keunggulan laut, dan Land Superiority untuk bisa ditempatkan kapan saja dan di mana saja ke luar wilayah.

Hal ini membutuhkan gagasan baru, namun harus realistis dengan berbagai inovasi cerdas untuk menembus berbagai kendala.

Dalam memenuhi peran sebagai Maritime Iron Umbrella diperlukan teknologi terkini guna menjamin superioritas udara dan unfair advantage.

Dalam sejarahnya, Indonesia memiliki kecenderungan menggunakan armada tempur terkini buatan Amerika Serikat (AS) selepas pembelian besar-besaran pesawat dan alutsista Rusia di era 1960-an.

Pesawat F-5E/F Tiger, A-4 Skyhawk eks Israel, hingga F-16A/B Fighting Falcon merupakan contoh alutsista buatan AS yang dibeli semasa era Presiden Soeharto.

Memang ini sempat terhalang dengan isu Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu dan itu sudah lewat.

Kita kemudian sempat beralih kepada sekutu kita yaitu Rusia dengan membeli pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 pada 2003 dan saat ini dilanjutkan dengan pembelian Su-35.

F-35A-USAF-Angkasa-Review.png

USAF
Meski demikian, bila dibandingkan filosofi teknikal dan logistiknya berbeda dengan buatan Amerika Serikat. Buatan Amerika terkenal dengan keandalannya, mudah dirawat, dan ketersediaan spare parts yang mudah didapat.

F-16 seperti halnya F/A-18 series contohnya, disebut sebagai pesawat “Sejuta Umat” dengan komunitas pengguna yang luas dan suku cadang yang berlimpah.

Saya berpikir, kita ada baiknya melanjutkan tradisi ini, namun dengan twist yang lebih advanced lagi. Yaitu, kita membeli F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin, AS yang kita sambung dengan paket produksi lokal F-16 seri terbaru.

Atau opsi berikutnya adalah, F-35 bisa kita kombinasikan dengan akses kita pada teknologi yang diberikan dalam Program KF-X/IF-X antara Korea Selatan dan Indonesia. Seperti diketahui, hal ini juga dilakukan pihak Korea Selatan dengan pembelian F-35 mereka.

Keunggulan

F-35A-flight.jpg

USAF
Secara taktis F-35 Lightning II adalah pesawat DAY ONE, artinya pesawat yang digunakan untuk menembus pertahanan lawan dalam sebuah gerak ofensif secara kasat radar (dengan senjata disembunyikan di dalam perutnya).

Hal ini sangat berguna untuk menghantam Central of Gravity musuh hingga menetralkan kekuatan udara lawan dan melumpuhkan banyak hal yang membuat serangan berikutnya lebih mudah.

Kemudian, setelah DAY ONE dikuasai, pesawat F-16 dan Su-35 dapat melanjutkan penyerangan dengan lebih mudah. Tentunya F-35 bisa kembali menjadi spearhead dalam kampanye udara ini.

Memang, sempat ada satu testing di mana F-35 dipecundangi oleh F-16 dan menjadi lahan bully di media. Namun konteksnya saat itu, F-35 belum dicat dan menggunakan fitur silumannya.

Kemudian percobaan berikutnya, F-35 memperlihatkan kegarangan aslinya. Selain siluman (lebih tepatnya Low Observable) juga dengan mempunyai 360 derajat awareness-nya, pilot F-35 bisa melihat pesawat musuh dari helm muktahirnya sehingga lebih unggul dari pesawat lawan.

Hal berikutnya, adalah masalah logistik dan perawatan. Seperti semua jenis pesawat buatan Barat, terutama AS, menggunakan prinsip economical mass atau massal ekonomis. Produksi sebanyak mungkin sehingga harga akan menjadi lebih murah.

F-35 termasuk di dalam filosofi tersebut. Dengan sembilan negara partisipan produksi, suku cadang akan berlimpah dan memudahkan rantai logistiknya.

Untuk perawatan demikian juga, semudah merawat F-16 series yang sudah kita miliki.

F-35B-elephant-walk_a.jpg

Brandon Owen
Secara teknologi F-35 akan menambah penguasaan teknologi perang pada pilot dan tim pendukung TNI AU serta industri nasional baik BUMN maupun swasta yang ingin berpartisipasi.

Dalam kepentingan nasional, teknologi siluman dibutuhkan jika ingin menjadi yang terbaik. Bukan mediocre dalam pertahanan kita. Ini sekaligus kritik saya pada ToT (Transfer of Technology) yang merupakan wishfull thinking.

Tentu kita bisa melakukan riset mandiri yang akan sangat lama dan jauh lebih mahal dalam mengembangkan teknologi siluman. Atau, membeli teknologi tersebut dan meminta menjadi bagian dari rantai suplainya (seperti telah kita lakukan saat pembelian F-16 terdahulu).

Kemudian dalam konteks ini, sebagai deal feature juga memproduksi pesawat Generasi 4++ seperti F-21 atau F-16 Viper. Atau, membantu IF-X yang kita tidak mendapatkan akses teknologi dari sisi Korea Selatan (yang dibantu oleh Lockheed Martin).

Kendala

F-35C_usnavy.jpg

Lockheed Martin
Pesawat F-35 adalah yang paling mahal dibanding pesawat lainnya, karena memang ini pesawat generasi ke-5 bukan lagi generasi ke-4++. Apalagi jika kita memilih varian F35B dengan kemampuan STOVL (terbang dan mendarat secara vertikal).

Masalah APBN tentunya akan terbebani. Meskipun demikian, dengan sistem manajemen tertentu, penerimaan pajak dari industri yang terlibat bisa saja dimungkinkan.

Tentunya kita juga bisa melakukan imbal dagang, seperti menggunakan komoditi yang Indonesia hasilkan. Sehingga, semahal apapun kita membeli, bisa diimbangi dengan ekspor.

Seperti Thailand dulu membayar pesawat produk IPTN (PT Dirgantara Indonesia kini) dengan beras ketan atau Malaysia yang membeli pesawat buatan BAE Systems dari Inggris dengan kelapa sawitnya.

Namun yang pasti, ini adalah tantangan yang harus dikembangkan model manajemen solusinya.

Kesiapan industri adalah kendala berikutnya. Mengandalkan BUMN tentu saja dimungkinkan, namun seperti yang kita ketahui kapasitasnya sangat terbatas seperti halnya PTDI.

Namun, ini pun tentunya tantangan. Ada beberapa model seperti Konsorsium BUMN atau memperbaiki PTDI dan menarik dana masyarakat melalui IPO.

Gagasan lainnya atau kombinasinya, yaitu dengan menarik swasta nasional dalam program ini. Tentunya dengan proyeksi keuntungan yang jelas bagi semua pihak.

Screen-Shot-2018-04-11-at-21.06.34.png

Dispen Kormar
Mengejar penguasaan dan produksi teknologi militer, akan menghasilkan spin off pada industri sipil dengan implikasi bisnis yang biasanya tinggi. Seperti GPS militer, ternyata mampu melahirkan varian produk turunan yang memanfaatkan GPS dan ujungnya memberikan pajak pada negara.

Kendala berikutnya adalah embargo terutama pihak Amerika Serikat. Kita pernah trauma pada embargo AS pada semua pesawat militer produknya karena kasus pelanggaran HAM Timor Timur.

Namun perlu diingat, kita juga pernah merasakan embargo Uni Soviet pada kasus yang sama yaitu pelanggaran HAM genosida pengikut PKI. Keduanya menghasilkan kelumpuhan bagi TNI AU dalam melakukan operasi.

Ketakutan akan embargo, sebenarnya sederhana saja. Selama kita tidak melanggar kaidah universal seperti pelanggaran HAM dan melakukan politik yang ekspansionis, sebenarnya hal ini tidak perlu di khawatirkan.

Politik Luar Negeri Indonesia, saya percaya akan mengaturnya dengan baik. Indonesia dulu lahir dengan keterampilan dan ketangguhan diplomasi untuk kepentingan nasional. Sekarang kita harus lebih baik lagi dari masa lalu.

Versi Indonesia

F-35B.jpg

Roni Sontani
Varian F-35 yang sesuai untuk Indonesia adalah F35B STOVL menggunakan TurboLift System. Karena geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau, yang artinya banyak “kapal induk” pangkalan yang secara alamiah memperkuat kemampuan tempur secara strategis. Kita bisa muncul di mana saja meskipun tanpa landasan yang mudah dipantau dari pengamatan udara.

Namun ada juga pertimbangan bahwa yang paling cocok adalah F-35A, varian konvensional tanpa TurboLift system. Ini lebih murah mengingat landasan pesawat di pangkalan militer Indonesia maupun bandara-bandara besar sudah banyak yang mumpuni dalam standar NATO.

Sehingga, dengan membeli varian F-35A bisa menghemat anggaran yang signifikan dan juga memiliki jarak jangkau yang lebih luas karena tidak terbebani TurboLift System yang tidak terpakai saat cruise mode terbangnya.

F-35A.png

USAF
Namun tentunya, sekali lagi, semua gagasan ini membutuhkan pertimbangan yang sangat dalam. Yaitu, dengan mempertimbangkan sebanyak mungkin aspek serta desain kebijakan terbaik yang menguntungkan negeri ini sebelum menjadi sebuah keputusan politik.

Dengan doa, berpikir, dan bekerja keras, Chakra yang saya sebut sebagai sandi Proyek Akuisisi Jet Siluman F-35 oleh Indonesia dapat kita wujudkan.

Dr. Connie Rahakundini Bakrie

https://www.airspace-review.com/2019/08/24/chakra-proyek-akuisisi-jet-siluman-f-35-oleh-indonesia/
 

Latest posts

Back
Top Bottom