Nike
ELITE MEMBER
- Joined
- Mar 28, 2013
- Messages
- 13,867
- Reaction score
- 24
- Country
- Location
Pesawat Casa C-212 Aviocar Skadron Udara 4. Skadron Udara 4 lahir pd th 1950-an dan dikenal dg nama Eskadron IV Pengintai Darat. Nama “Eskadron IV” ini kemudian berubah menjadi “Skadron IV” setelah masa konsolidasi dlm tubuh Angkatan Udara Republik Indonesia Serikat (AURIS) yg merupakan Skadron Bantuan bagi pasukan di darat utk pengintaian dan penuntun penembakan senjata artileri, sesuai pengumuman Kasau No: 28/11/Peng/KS/51 tgl 21 Maret 1951. Komandan pertama yaitu Letnan Udara I Suhodo resmi di angkat pd tgl 9 April 1951 yg sekaligus ditetapkan sbg tgl lahirnya Skadron Udara 4. Pd awalnya Skadron ini terdiri dr pswt2 Auster Mark motor tunggal X130 dk Gipsy Major (Inggris), warisan dr 6e ARVA (Artillery Verkenning Afdeling), yg diterima pemerintah Indonesia dr Luchtvaart Militaire Nederland pd 20 Maret 1950 di Pangkalan Udara Semplak (skrg Lanud Atang Senjaya) Bogor. Semua anggota “6e. ARVA” adlh org Belanda, sehingga pd saat penyerahan tdk ada yg berkeinginan masuk AURI, sbg konsekuensinya Skadron Pengintai ini dibangun dg kekuatan dr mantan anggota Pangkalan Udara Gorda, terutama dr anggota teknik, sdgkan kekuatan penerbang yg ada pd waktu itu hanya 2 org dan pertama kali di tempatkan di Skadron Udara 2 Halim Perdana Kusuma. Pd pertengahan bl Juni 1950 Letnan Udara I Suhodo mendapat perintah utk mengikuti latihan ulangan Advance Training di Andir. Atas kepergiannya maka Skadron Pengintai menerima Komandan baru yaitu Letnan Udara I Suharnoko Harbani. Pd waktu itu Skadron pengintai merupakan Flight yg terdiri dr penerbang2: Letnan Udara I Arjono. Letnan Udara I Koesoemo Soejanto. Letnan Udara II Noerprapto. Letnan Muda Udara I Soemarsono. Mengingat sifat maupun tugas khusus yang di tuntut dalam penyelenggaraan penerbangan untuk pejabat-pejabat VIP/VVIP dan disesuaikan dengan perkembangan AURI pada saat itu, maka pada tanggal 11 April 1963 diputuskan bahwa Skadron 4 ditunjuk untuk melaksanakan tugas penerbangan VIP/VVIP. Adapun kekuatan pesawat pada saat itu terdiri dari C-140 Jet Star, C-47 Dakota, IL-14 Avia, DHC-3 Otter dan C-180 Cessna. Sumber : tni-au.mil.id Photo by @jeff_prananda
- See more at: Pesawat Casa C-212 Aviocar Skadron Udara 4.Skadron Udara 4 lahir pd th 1950-an... | Iconosquare