beijingwalker
ELITE MEMBER
- Joined
- Nov 4, 2011
- Messages
- 65,195
- Reaction score
- -55
- Country
- Location
Chinese-built high-speed railway in Indonesia marks new breakthrough
Follow along with the video below to see how to install our site as a web app on your home screen.
Note: This feature may not be available in some browsers.
China speed !!!
Easy. Innovation and a hardworking workforce. Those machine are all invented by Chinese engineer specially tailor for HSR. You cannot find this in any other countries.Damn you chinese as an indonesian who routinely past the road near this project, i can't help but to admire how fast this project progressing this is something that we need to learn from you guys.
Hope you guys can give us the knowledge how to build HSR
View attachment 581294 View attachment 581302 View attachment 581303
Indian HSR? How does it go?Sure, the timing start of Indonesia HSR and India is comparable but the progress is not
Not even a screw is made yet.Indian HSR? How does it go?
Really?Not even a screw is made yet.
Tunnel Boring Machine (TBM) yang sudah dirakit mulai beroperasi untuk menembus tunnel 1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang panjangnya mencapai 1,8 km. Ini adalah penampakan sebagian terowongan yang sudah mulai dibor.
Rel yang terpasang dalam terowongan ini merupakan rel yang nantinya akan digunakan oleh lori alias kereta pengangkut. Lori ini mengangkut setiap segmen yang siap diinstalasi untuk melapisi tunnel 1.
Terowongan ini berlokasi di daerah Halim yang merupakan bagian dari 22 titik penting pekerjaan konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung.
Pengerjannya menggunakan metode shield tunneling dikarenakan titik kritis ini berlokasi di KM 3+600.
Lokasi tersebut melewati Tol Jakarta-Cikampek dan overpass jalan arteri Jatiwaringin yang notabene merupakan titik terpadat mobilisasi warga Jakarta ke daerah Bekasi dan Bandung.
Terowongan ini menjadi satu-satunya yang dibor menggunakan TBM alias bor raksasa. Penggunaan TBM pada tunnel 1 lantaran lebih aman mengingat bagian yang akan ditembus ada di bawah jalan tol.
TBM raksasa ini berbobot 3.649 ton. Lalu memiliki diameter 13,19 meter dan panjang 105 meter. Bor ini juga bekerja 24 jam tanpa henti.
Metode shield tunneling ini bekerja seperti cacing bawah tanah di mana pengerjaannya dilakukan tanpa mengganggu aktivitas yang ada di atasnya.
Selain itu, TBM juga digunakan pada titik ini karena sesuai dengan aturan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) Bandara Halim Perdanakusuma yang mengatur ketinggian bangunan dan kemungkinan mengganggu operasional penerbangan.